Minggu, 27 September 2015

Desain Komunikasi Visual (DKV)

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih telah menyempatkan waktu anda untuk membaca sedikit informasi dalam blog saya ini.
Pada kali ini saya akan sedikit membahas tentang Desain Komunikasi Visual dalam tugas ini. Singkat cerita, Desain komunikasi visual atau lebih dikenal dengan singkatan DKV pada dasarnya adalah sebuah istilah seperti penggambaran dalam proses pengolahan media dalam bidang berkomunikasi. Contohnya seperti pengungkapan ide atau insprasi. Seperti biasa, desain seperti namanya sangay dekat dengan gambar, tipografi, lambang dan simbol, lalu warna yqng berkaitan dengan indra penglihatan manusia.

Dalam bidang DKV ini, proses komunikasinta melalui pengeksploran ide dengan penambahan hal-hal yang memiliki nilai lebih menarik yaitu penambahan hal berupa foto, diagram, dan lain-lain. Tidak lupa pula warna sebagai pelengkap yang tentunya menambah efek lebih menarik untuk para penikmat. Efek yang diciptakan biasanya tergantung dari keinginan dan tujuan yang ingin diasampaikan oleh creator.

Dengan berkembang pesatnya bidang industri maka kebutuhan manusia juga banyak berkembang. Teknologi-pun juga sudah berkembang dengan pesat, kebutuhan-kebutuhan baru juga semakin melonjak.

Berikut akan saya sebutkan sedikit nama Desainer yang berpengaruh dalam bidang ini, yaitu ;

1. Rouchon
2. Salman Baidowi
3. Sir John Millais





Tujuan dari desain komunikasi visual sebagai sarana presentasi dan promosi adalah untuk menyampaikan pesan, mendapatkan perhatian dari mata secara visual dan membuat pesan tersebut dapat diingat dan contohnya adalah Poster atau Iklan. Penggunaan gambar dan kata-kata yang diperlukan sangat sedikit, mempunyai satu makna dan mengesankan. Biasanya, untuk mencapai tujuan ini, maka gambar dan kata-kata yang digunakan bersifat persuasif dan menarik, karena tujuan akhirnya adalah menjual suatu produk atau jasa.

Terkadang banyak orang bingung "Apasih Perbedaan DKV dengan Desain Grafis?".
Pada salah satu blog disebutkan seperti ini:

Desain Grafis : yang dikerjakan merupakan desain atwork suatu karya, hanya memenuhi apa permintaan klien soal desain tersebut dan hanya bergelut di komputer grafisnya saja. Sedangkan,
DKV : memikirkan juga bagaimana strategi pendekatan suatu desain / seni kepada targetnya.



Jika Anda ingin menjadi Desainer Komunikasi Visual yang baik, anda harus memperhatikan 3 hal dalam Desain Komunikasi Visual yaitu

1. Elemen - elemen DKV,
2. Unsur - unsur DKV, dan
3. Prinsip - prinsip DKV.


Setelah saya bahas sedikit tentang Desain Komunikasi Visual, saya harap cukup bermanafaat untuk anda yang membutuhkan informasi ini.
Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk membaca sedikit pembahasan saya, dan terimakasih kepada blog atau website referensi yang telah amat sangat membantu dalam setiap tugas saya.
Cukup sekian, Terima kasih.




DAFTAR PUSTAKA

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Desain_komunikasi_visual
https://designideasdkv1.wordpress.com/apa-itu-desain-komunikasi-visual/
http://www.jurusankuliah.net/2013/09/jurusan-dkv-desain-komunikasi-visual.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar