Jumat, 10 Januari 2014

Pelapisan Sosial yang Terjadi di Sekitar.


Pelapisan sosial pasti terjadi pada masyarakat sekitar, dan pastinya sekitar rumah saya juga tak lepas dari pelapisan sosial. Pelapisan sosial stratifikasi sosial (social stratification) adalah pembedaan atau pengelompokan para anggota masyarakat secara vertikal (bertingkat).  Status yang dimiliki anggota masyarakat didapat dengan suatu usaha dan ada yg tidak dengan usaha. Pelapisan sosial terbagi menjadi dua, yaitu terjadi dengan sedirinya, ataupun berdasarkan kesengajaan yang disusun oleh masyarakat tersebut. 
Pelapisan sosial terjadi dengan dua cara, yaitu yang Pertama adalah Sistem pelapisan sosial tertutup, system pelapisan sosial tertutup memungkinkan untuk membatasi kemungkinan seseorang untuk pindah dari suatu lapisan ke lapisan lain entah itu lapisan atas atau lapisan bawah. Yang kedua adalah Pada sistem pelapisan terbuka, pada system pelapisan sosial terbuka berlaku bahwa setiap setiap anggota masyarakat memiliki kesempatan untuk naik ke lapisan sosial yang lebih tinggi karena kemampuan dan usahanya sendiri.

Di dalam masyarakat terdapat lapisan-lapisan sosial, seperti masyarakat lapisan atas, menengah dan bawah. Terjadinya pelapisan sosial ini (juga disebut stratifikasi sosial) adalah sebagai hasil penilaian masyarakat terhadap individu-individu dalam masyarakat. Selama di dalam masyarakat terdapat sesuatu yang dinilai atau dihargai, maka hal ini akan menyebabkan terjadinya penggolongan individu-individu ke dalam lapisan sosial tertentu. Pada tulisan saya kali ini yang sangat jauh sekali dari kata sempurna saya akan menuliskan tentang pelapisan masyarakat yang dilihat dari ekonomi, kekayaan, dan kedudukan.

Pelapisan Sosial Dalam Bidang Ekonomi

                Individu kelas atas memiliki kendaraan mewah, rumah mewah, gadget, dan masih banyak barang yang mewah lainnya. Kelas menengah memiliki perbedaan yang cukup spesifik dari kelas atas, hanya tidak cukup jauh. Sedangkan kelas bawah, sangat jomplang sekali dengan kelas atas. Bahkan kelas bawah banyak yang tidak memiliki tempat tinggal. Maka kata Max Webber, pelapisan sosial berdasarkan criteria ekonomi membagu masyarakat keadalam kelas kelas yang didasarkan pada kepemilikan materi. Kelas tersebut terbagu menjadi 3 yaitu atas, menengah dan kelas bawah.

Pelapisan Sosial di RT12 RW 12, perumahan Duren Jaya, Bekasi Timur.

Pada bidang ekonomi sangat berpengaruh pada pelapisan sosial. Karena bagaimana pelapisan sosial dibidang ekonomi sangat mencolok daripada bidang lain. Pada linkungan saya di RT12 RW12 jalan delima IX, Duren Jaya, Bekasi Timur.  Pada lingkungan saya sebagian besar rumah telah memiliki mobil pribadi , kendaraan bermotor yang lebih dari dua dan rumah yang cukup mewah. Tapi masih ada juga orang yang belum memiliki mobil dan rumah mewah yang cukup besar. Sehingga daerah tempat tinggal saya dominan kelas menengah hingga ke atas, dibandingkan kelas bawah. Maka, di daerah tempat tinggal saya, tidak terjadii pelapisan sosial yang terlalu mencolok. Karena dominan orang dengan tingkat menengah.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar