Sabtu, 10 Mei 2014

MANUSIA DAN KEGELISAHAN


A.     KEGELISAHAN
Kegelisahan yang berasal dari kata gelisah yang dapat diartikan dengan kesimpulan dengan hati yang tidak tentram, selalu merasa khawatir, tidak ternang, cemas, dll. Kegelisahan sangat tidak nyaman bila dialami, karena kegelisahan merupakan gambaran seseorang yang tidak tentram, biasanya kegelisahan berdampak pada tingkah lakunya, yang awalnya santai pada saat gelisah menjadi gugup, cemas, dan serba tidak sabar.
Kegelisahan sangat sering terjadi pada kehidupan sehari-hari, kegelisahan juga dapat disebut juga dengan kecemasan. Kecemasan, kegelisahan, ketakutan merupakan masalah yang berkaitan dengan masalah frustasi.

·         Kecemasan Obyektif
Kecemasan obyektif merupakan kecemasan tentang suatu kenyataan dalam pengamaran atau bahaya didunia luar. Biasanya kecemasan merupakan bawaan dari sifat. Jadi seseorang mewarisi kecenderungan untuk merasa takut atau gelisah jiga ia berada dekat dengan benda benda tertentu. Contohnya saat kita mengerjakan sesuatu, dan tiba tiba dengan cepatnya ada sesuatu hewan ataupun binatang yang sangat kita takutkan (misal cicak) datang menghampiri, secara tidak langsung cicak akan menjadi sesuatu hal yang mencemaskan bagi seseorang.

·         Kecemasan Neurotis (Syaraf)
Menurut Sigmund Freud, kecemasan neurotis dapat dibagi 3 macam, yaitu;

1.      Kecemasan yang timbul dikarenakan penyesuaian diri dari lingkungan, kecemasan itu timbul karena orang tersebut takut akan bayangannya sendiri, sehingga menekan dan menguasai ego. Kecemasan ini menjadi sifat dari seseorang yang gelisah, yang selalu mengira bahwa sesuatu yang hebat akan terjadi.
2.      Kecemasan pada Phobia. Bentuk khusus dari phobia adalah ketakutan lebih dari proporsi yang sebenarnya dari objek yang ditakutkannya.
3.      Rasa takut lain adalah rasa gugup saat menghadaoi sesuatu. Hal ini datang secara tiba-tiba tanpa ada sesuatu yang di sengaaj. Gugup bias anya merupakan raksi saat meredakan diri yang membebaskan seseorang dari kecemasan.



·         Kecemasan Moril
Kecemasan moril disebabkan oleh hal pribadi seseorang, karena tiap pribadi memiliki bermacam macam emosi yang berbeda antara lain ; iri, benci, dengki, cinta, gelisah, dan lain lain. Sifat-sifat tersebut merupakan sifat yang tidak terpuji dan patut untuk di jauhi.

B.    HAKEKAT KEGELISAHAN
·         Kegelisahan sebagai fenomena sosial yang bersifat universal, dialami oleh setiap orang dan ada pada berbagai lapisan masyarakat
·         Manifestasinya dalam diri manusia adalah unik dan kadang kontroversial, berbeda setiap orang berat atau ringannya suatu masalah tergantung stimulus dari lingkungan dan pengalaman individunya masing masing.

C.     SEBAB-SEBAB ORANG GELISAH
Alasan pertama orang mengalami kegelisahan adalah berasal dari suatu ancaman yang menurutnya sangat mengancam dirinya sendiri, baik itu mengancam orang lain ataupun hanya mengancam dirinya sendiri. Biasanya ada orang yang sangat panik saat menghadapi sesuatu yang mereka takuti, sehingga mereka menjadi cemas, gugup dan gelisah. Hal tersebut amat sangat mengganggu untuk sendiri maupun orang lain, karena tidak jarang banyak orang yang merasa terganggu saat melihat atau menyaksikan seseorang dengan kepanikannya yang tidak dapat teratasi.

D.    USAHA- USAHA DALAM MENGATASI KEGELISAHAN
Dalam mengatasi kegelisahan tentunya kita harus bersikap tenang dalam menjalani suatuhal, jika memang ada sesuatu yang kita sangat tidak ingin itu terjadi biasanya kita menjadi cemas, panik dan gelisan. Dengan cara kita tetap tenang, kita dapat mengatasi suatu masalah kegelisahan dengan mudah. Karena dengan kita tetap tenang, kita dapat mengkontrol emosi, ego dan tingkah laku kita masing masing. Dan tentunya kita harus berserah diri kepada-Nya.

E.     KESEPIAN
Bermacam macam penyebab terjadinya kesepian, frustasi juga dapat mengakhibatkan kesepia. Dalam hal seseorang tidak ingin diganggu dan lebih senang dalam keadaan hening atau sepi, tidak suka bergaul dan lebih senang hidup sendiri.
Kesepian biasanya adalah akibat dari keterasingan atau bisa disebut mengasingkan atau diasingkan, keterasingan akibat tingkah yang sombong, angkuh dan banyak tingkah akan dijauhi teman temannya. Sehingga terjadilah hal yang disebut dengan kesepian. Sedangkan orang yang frustasi, cenderung menghindari diri dari banyak orang dan lenih suka hidup sendiri, maka akibatnya juga kesepian.

F.     HISTERIA
Hysteria merupakan neorosa jiwa yang disebabkan oleh tekanan mental.

G.    DELUSI
Delusi Beradasarkan suatu keyakinan palsu.tidak dapat memakai akal sehat , tidak ada dasar keyataan dan tidak sesuai dengan pengalaman.Delusi ini terdapat tiga macam yaitu : Delusi perkuis , Delius keagungan , Delius melancholis

H.   HALUSINASI
Halusinasi Khayalan yang terjadi tanpa rangsangan pancaindara.Terkadang karena halusinasi prang merasa mendapat tekanan – tekanan terhadap dorongan dasarnya sehingga dengan timbulnya halusinasi dorongan – dorongan itu menemukan sasaranya.




DAFTAR PUSTAKA

www.slideshare.net/deeuncha/ibd-manusia-dan-kegelisahan
dimyati.staff.gunadarma.ac.id/.../bab10-manusia_dan_kegelisahan.pdf


http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2013/04/09/manusia-dan-kegelisahan-549904.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar