Sabtu, 10 Mei 2014

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP


A.                            PANDANGAN HIDUP
Pandangan hidup, pandangan hidup dapat diartikan sebagai bagaimana kita dapat memahami, mengetahui hidup kita sebagai mana kita mengetahui diri kita sendiri. Pandangan hidup merupakan bagaimana cara kita memandang kehidupan dari hal yang telah mendasar. Cara pandang tersebut berfungsi untuk mencerahkan atau menerangkan jalan bisa pada alam, tuhan dan mungkin sesama manusia. Dapat disimpulkan lagi bahwa pandangan hidup adalah pendapat seseorang.
Setiap manusia pasti memiliki pandangan hidup yang berbeda, setiap orang memiliki pandangan hidup mereka masing-masing. Yang tentunya dilakukan dan dijalankan dengan rasa senang dan tidak tertekan. Pandangan hidup seseorang kadang dapat diartikan lain atau mungkin buruk oleh orang lain. Itu dikarenakan pola fikir seseorang, dan pola pandangan hidup seseorang berbeda beda.
Pandangan hidup terdiri atas :
a.      Cita-cita
Cita-cita yang sangat sering diartikan sebagai angan-angan, impian,  kemauan, ataupun hal yang sangat ingin di capai. Cita-cita merupakan pandangan kita terhadap kehidupan kita dimasa depan.
b.     Kebajikan
Kebajikan adalah berperilaku baik, yang tentunya dengan memperlakukan orang secara sopan, tidak berlaku kasar, selalu sopan santun, tidak melanggar hokum, dan tentunya taat pada norma norma yang berlaku pada tempat sekitar. Manusia berbuat baik kerena hakekat mereka baik .manusia juga merupakan mahluk social , terbiasa untuk berkata sopan dan santun dalam perlakuan nya.
c.      Usaha
Usaha adalah pekerjaan yang dilakukan saat kita ingin mendapatkan sesuatu. Contohnya, saat kita ingin mencapai cita cita kita, maka kita harus berusaha yang besar agar kita dapat mencapai cita-cita tersebut. Berbeda dengan orang yang hanya bercita-cita namun tidak usaha. Orang yang tidak berusaha maka tidak akan mendapatkan apa yang diinginkannya. Usaha juga merupakan kerjakeras, kerja keras dengan menggunakan tenaga, otak, ilmu, kebaikan dan lain sebagainya.
Usaha adalah keinginan yang hendak  dicapai, dan tentukan oleh 3 faktor :
Kepemilikan rasa
Kondisi
Seberapa tinggi cita-cita

d.      Keyakinan / Kepercayaan
Keyakinan atau kepercayaan, banyak orang langsung mengambil kesimpulan dari kata kata tersebut adalah agama. ya memang agama sangat terkait dengan keyakinan dan kepercayaan kita dalam beribadah.
Keyakinan berasal dari akal atau kekuasaan. Sedangkan keyakinan/ kepercayaan dapat dibagi menjadi 3 aliran, yaitu;

1.     Naturalisme
Aliran Naturalisme adalah hidup manusia itu dihubungkan dengan kekuatan gaib yang merupakan kekuatan tertinggi. Kekuatan gaib itu dari natur, dan itu dari Tuhan.
2.     Intelektualisme
Aliran Intelektualisme adalah dasar aliran ini adalah logika / akal. Manusia mengutamakan akal. Dengan akal manusia berpikir.
3.     Campuran
Aliran Gabungan adalah dasar aliran ini ialah kekuatan gaib dan juga akal. kekuatan gaib Minya kekuatan yang berasal dari Tuhan, percaya adanya Tuhan sebagai dasar keyakinan.

B.     KLASIFIKASI PANDANGAN HIDUP MENURUT ASAL
a.       Pandangan hidup yang berasal dari Agama
Merupakan pandangan hidup yang didapat atau berasal dari agama yang kita anut atau agama yang kita percayai.
b.       Pandangan hidup yang berupa ideologi
Merupakan pandangan hidup yang berkiblat dari kebudayaan yang berada didaerah masing masing, dan dengan norma yang berlaku disekitar wilayah mereka.
c.       Pandangan hidup yang berasal dari renungan.

C.     LANGKAH – LANGKAH BERPANDANGAN HIDUP
1.      Mengenal, dalam berpandangan hidup kita harus mengenal pribadi kita masing masing, karena pandangan hidup adalah bagaimana kita berkaca terhadap diri kita sendiri.
2.      Mengerti, dalam berpandangan hidup kita juga harus mengerti apa yang kita mau jalani pada hidup kita. Jangan sampai kita menjalani apa yang tidak seharusnya kita jalani.
3.      Menghayati, menghayati kehidupan dalam berpandangan hidup akan membantu kita dalam menjadi seseorang dengan pandangan hidup yang baik.
4.      Meyakini, meyakini sesuatu merupakan hal yang harus dilakukan dalam berpandangan hidup. Contohnya, pada saat Ujian Nasional. Kita harus meyakini bahwa kita dapat mengerjakan soal dengan baik dan tentunya dengan nilai yang memuaskan.
5.      Mengabdi , Mengabdi merupakan suatu usaha untuk menyerahkan segenap keyakinan kita untuk suatu hal yang kita yakini. Dengan mengabdi menjadikan kita lebih dekat atau bahkan menjadi satu dengan hal yang kita yakini tersebut.
6.      Dll.

D.         MASALAH POKOK KEHIDUPAN MANUSIA

1.      Hakekat Hidup Manusia
Hakekat hidup untuk setiap kebudayaan berbeda secara external.
2.              Hakekat Karya Manusia
setiap kebudayaanhakekatnya berbeda- beda untuk menambahkarya.
3.              Hakekat Waktu Manusia
hakekat waktu untuk setiap kebudayaan berbeda
4.              Hakekat Alam Manusia
kebudayaan yangmenganggap manusiaharus mengeksploitasialam, ada juga yangharus harmonis
5.              Hakekat Hubungan Manusia
mementingkanhubungan antar manusia baik vertikalmaupun horizontal, ada pula berpandanganindividualistis.


DAFTAR PUSTAKA

http://www.slideshare.net/Oki16/pandangan-hidup-26754694
http://mamz.weebly.com/manusia-dan-pandangan-hidup.html
http://id.scribd.com/doc/96820915/Manusia-dan-pandangan-hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar