Selasa, 22 November 2016

FTP Server Pada Ubuntu

KONFIGURASI FTP SERVER 
DENGAN MENGGUNAKAN 
METODE VSFTPD PADA LINUX UBUNTU

FTP Server atau dengan nama lai File Transfer Protocol merupakan server yang bertugas memberikan layanan pengiriman atau tukar menukar data kepada FTP Client dengan Syarat FTP client harus meminta atau Request terlebih dahulu kepada FTP Server.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya konfigurasi FTP Server:

  1. Langkah pertama yang dilakukan dalam konfigurasi FTP Server pada Ubuntu adalah dengan masuk sebagai root pada terminal. Cara yang digunakan agar masuk kedalam root pada terminal adalah dengan mengetik perintah sudo su, lalu memasukkan Password.

  1. Setelah masuk sebagai root pada terminal, lalu langkah selanjutnya adalah menginstall FTP Service. Nama FTP Service tersebut adalah VSFTPD. Cara menginstal dengan cara mengetik apt-get install vsftpd pada terminal, lalu tunggu hingga proses install selesai.

  1. Tahap selanjutnya adalah melakukan Konfigurasi pada VSFTPD dengan cara mengetik perintah kate /etc/vsftpd.conf yang merupakan kategori dari file vstfpd.conf


  1. Setelah terbuka file vsftpd.conf langka selanjutnya yaitu atur konfigurasi anonymous_enable menjadi NO, local _enable menjadi YES dan terakhir write_enable menjadi YES dengan cara mengetikkan perintah pada file vsftpd.conf. Pada listing dibawah ini terdapat listing yang menyertai tada # yang berarti merupakan komentar.
Lalu konfigurasi ascii_upload_enable dengan YES, ascii_download_enable dengan YES, lalu mengatur banner yang akan ditampilkan. Pada FTP Server ini banner yang akan digunakan adalah Selamat Datang di FTP Server JarkomLan. Lalu atur chroot_local_user menjadi YES. Listing lebih lengkap dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


  1. Setelah melakukan semua konfigurasi. Lakukan juga penambahan userdengan cara mengetikkan perintah adduser(spasi)NamaUser dan nama user yang saya tambahkan adalah Dennisa. Seperti biasanya pada pembuatan user pasti ada langkah untuk memasukkan password, masukkan password untuk menambahkan user baru.

  1. Setelah membuat user baru langkah selanjutnya dalah memberikan permission kepada user yang baru saja dibuat pada langkah sebelumnya. Yaitu dengan cara chmod a-w /home/dennisa. Lalu ketik lagi perintah mkdir /home/denissa/serverFTP untuk mebuat folder atau direktori baru untuk menyimpan FTPServer. Dan masukkan perintah chown dennisa:dennisa /home/dennisa/serverFTP.

  1. Setelah melakukan memberikan permission kepada user yang baru dibuat, selanjutnya adalah merestart service FTP dengan perintah systemctl restart vsftpd, setelah itu lihatlah statusnya setelah direstart dengan perintah systemctl status vsftpd. Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


IMPLEMENTASI

Lakukan pengecekan IPaddress pada FTP Server. Dengan mengetik ifconfig pada terminal.



Setelah itu buka FTP client (Filezilla), lalu masukan FTP server dan IP address pada kolom host, kemudian masukan username dan password yang dimasukkan ketika membuat user FTP. Setelah semua diisi dan benar lalu klik Quickconnect




Jika Connect berhasil, maka akan muncul direktori root tempat penyimpanan file FTP pada window sebelah kanan. Window sebelah kiri adalah root direktori pada FTP client.  



Upload File

Untuk melakukan Upload File caranya adalah pilih file yang diinginkan yang ada pada window FTP client,lalu lakukan drag and drop pada window FTP server. Jika transfer berhasil, maka pada direktori FTP server akan muncul file baru.


Download
Untuk melakukan Download File lakukan Drag and drop file, dari direktori root serverFTP ke direktori clientFTP. Lebih Jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.



Hasil Download
Gambar dibawah ini adalah screencapture pada tab Hasil Download.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar