Senin, 14 November 2016

SEARCH ENGINE OPTIMIZATION

Pengertian Search Engine Optimization (SEO)
     Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.”
     Istilah dengan kata-kata kita sendiri, Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization/SEO adalah:
“melakukan proses berupa aktifitas tertentu terhadap situs web atau halaman web Anda agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web kita itu, situs web atau halaman Anda tersebut ditampilkan di halaman 1 daftar hasil pencarian alami/tak-berbayar/non-iklan/organik”.

Contoh SEO
     Saya mempunyai sebuah artikel di website ini yaitu “cara membuat jaringan warnet”, kemudian saya optimasi halaman artikel tersebut dengan teknik SEO yang saya gunakan dan dengan mentarget kata kunci “cara membuat jaringan warnet”, setelah saya optimasi dengan baik alhasil halaman tersebut dapat ranking satu dengan kata kunci yang saya target tersebut.


     Sekarang saya yakin anda sudah mulai mengerti mengenai Search Engine Optimization.

Keuntungan Melakukan SEO
     Banyak sekali keuntungan dari melakukan SEO yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, diantaranya yaitu :

1. Mendatangkan Traffic yang Banyak
Kita semua pasti tahu jika situs atau blog berada pada halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Google Planner.

2. Meningkatkan Penjualan
Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang seperti lazada.co.id yang menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah 95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.

3. Meningkatkan Daya Saing
Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi. Masih banyak lagi keuntungan dari SEO ini yang tidak saya sebutkan semua, karena saya yakin dengan 3 hal diatas saja pasti anda sudah mengerti mengenai keuntungan SEO.

Yang Dilakukan Dalam Kegiatan SEO.

     Bila Anda membaca artikel saya sebelumnya, yaitu “200 Faktor yang Mempengaruhi Ranking Website di Google“, mungkin Anda akan muak atau takut mengerjakan kampanye SEO untuk website Anda karena terlihat rumit. Tidak harus seperti itu, mari kita buat lebih sederhana saja. Di dalam strategi SEO, ada dua hal PENTING yang harus dikerjakan oleh seorang internet marketer, yaitu: SEO On Page dan SEO Off Page. Yuk kita bahas lebih jauh.
  1.SEO on Page
     SEO On Page adalah sebuah upaya optimasi website yang dilakukan dari sisi website itu sendiri. Dengan kata lain, upaya optimasi yang dilakukan oleh seorang pemilik website/ webmaster dengan mendesain website yang SEO Friendly. Beberapa elemen penting yang terdapat dalam SEO On Page antara lain:
Riset keywords, baca artikel “Cara Riset Keywords Dengan Google Keyword Planner” untuk menemukan kata kunci utama dan kata kunci pendukung yang paling relevan dengan niche website yang akan dibuat.

A. Membangun website dengan struktur yang baik, tampilannya menarik, dan load-nya cepat
B. Menggunakan Title Tag yang baik untuk homepage dan judul konten
C. Menambahkan description yang relevan dengan website
D. Membangun konten yang bermanfaat bagi audiens
F. Mengatur URL (permalinks) yang SEO Friendly
G. Menggunakan Heading dengan baik (H1, H2, H3, H4)
H. Mengatur navigasi website sebaik mungkin
I. Membangun internal links
J. Menambahkan keywords pada penamaan gambar/ image, dll.

2. SEO Off Page
     SEO Off Page adalah upaya optimasi website yang dilakukan dari luar website yang dibangun. Sebuah halaman website yang SEO On Page nya sudah bagus perlu didukung dengan optimasi dari luar website itu sendiri. Optimasi off page dilakukan dengan cara membangun links (backlinks) dari situs lain menuju website yang dioptimasi. Beberapa jenis links yang biasa dibangun untuk meningkatkan popularitas sebuah website di internet antara lain:

A. Links dari media sosial (Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain)
B. Links dari web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, dan lain-lain)
C. Links dari forum online (Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas, dan lain-lain)
D. Links dari situs social bookmark (Lintas.me, Diigo.com, Folkd.com, dan lain-lain)
E. Links dari kegiatan blogwalking (berkomentar di blog orang lain)
F. Links dari website yang menerima guest blogger, dll.

References :
https://www.maxmanroe.com/apa-itu-seo-apa-manfaat-search-engine-optimization-bagi-sebuah-bisnis.html
www.rudinazar.com/apa-itu-seo/
semseomanagement.com/apa-itu-seo/
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar