Minggu, 16 November 2014

Menganalisa Website

Menganalisa Website LIPI

       Pada tugas kali ini saya akan menganalisa tentang suatu website yaitu website LIPI, dimana link websitenya adalah www.lipi.go.id/ . Pada website ini, .go.id merupakan domain yang berarti website ini merupakan website pemerintahan Indonesia.

      LIPI adalah kepanjangan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, tujuan website ini adalah untuk memberikan informasi pada khalayak banyak tentang ilmu pengetahuan yang ada di Indonesia, memberikan informasi penemuan penemuan baru, dan Membimbing perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berakar di Indonesia agar dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan rakyat Indonesia pada khususnya dan umat manusia pada umumnya.
     Pengetahuan tentunya berhubungan dengan bidang Pendidikan. Revolusi sistem pembelajaran terjadi akibat hilangnya batasan sekat-­sekat ruang dan waktu sebagai konsekuensi didigitalisasikannya berbagai sumber daya dan entitas pendidikan, beserta proses belajar­‐mengajar itu sendiri. Institusi atau lembaga pendidikan yang tidak tanggap dalam menghadapi dinamika perubahan jaman ini akan perlahan-­lahan punah karena tidak mampu beradaptasi dan beradopsi dengan kebutuhan masyarakat baru tersebut.
        Satu-­satunya cara agar institusi perguruan tinggi dapat tetap relevan dimata pemangku kepentingannya adalah melalui pemahaman holistik dan menyeluruh akan prinsip-­prinsip perubahan paradigma pendidikan di masa moderen ini. Hanya melalui keterbukaan berfikir dan kearifan bertindak sajalah maka pergeseran paradigma ini dapat diterima serta dihayati sebagai sebuah kenischayaan hidup yang tidak saja perlu dicermati, namun patut pula disyukuri karena merupakan buah karya umat manusia dalam usahanya untuk memperbaiki kualitas kehidupanya dari masa ke masa. 

VISI –MISI WEBSITE 
     Setiap website pemerintahan pasti memiliki visi misi tersendiri dalam pembuatan websitenya sebagai umpama tujuan membuat website ini, maka saya akan menuliskan visi misi website yang saya analisis. Dapat dilihat dibawah ini;
Visi :
Menjadi lembaga ilmu pengetahuan berkelas dunia yang mendorong terwujudnya kehidupan bangsa yang adil, cerdas, kreatif, integratif dan dinamis yang didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi yang humanis.
Misi :
Menciptakan great science (ilmu pengetahuan berdampak penting) dan invensi yang dapat mendorong inovasi dalam rangka meningkatkann daya saing perekonomian nasional;
Mendorong peningkatan pemanfaatan pengetahuan dalam proses penciptaan good governance dalam rangka memantapkan NKRI;
Turut serta dalam proses pencerahan kehidupan masyarakat dan kebudayaan berdasarkan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan kaidah etika keilmuan;
Memperkuat peran Indonesia (yang didukung ilmu pengetahuan) dalam pergaulan internasional;
Memperkuat infrastruktur kelembagaan (penguatan manajemen dan sistem).

Motto LIPI :
"LIPI BARU PASTI"
PASTI = Professional, Adaptive, Scientific integrity, Teamwork, Inovative
BARU = Being Accountable, Responsible, Utilizing resources

FUNSGI DAN TUGAS LIPI
Tugas :
Melaksanakan tugas pemerintahan di bidang ilmu pengetahuan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Fungsi :
Pengkajian dan penyusunan kebijakan nasional di bidang penelitian ilmu pengetahuan.
Penyelenggaraan riset keilmuan yang bersifat mendasar.
Penyelenggaraan riset inter dan multi disiplin terfokus.
Pemantauan, evaluasi kemajuan, dan penelaahan kecenderungan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Koordinasi kegiatan fungsional dalam pelaksanaan tugas LIPI.
Pelancaran dan pembinaan terhadap kegiatan instansi pemerintah di bidang ilmu pengetahuan.
Penyelenggaraan pembinaan dan pelayanan administrasi umum di bidang perencanaan umum, ketatausahaan, organisasi dan tata laksana, kepegawaian, keuangan, kearsipan, persandian, perlengkapan dan rumah tangga.

INDIKATOR KINERJA UMUM

Lipi memiliki indicator Kinerja Umum, dan saya akan menuliskan ulang pada posting saya kali ini. Dapat di jabaekan beberapa kinerjanya sebagai berikut yang saya kutip dari website LIPPI tersebut;

1. Kualitas pengetahuan para peneliti : mengukur upaya yang dilakukan organisasi dalam memperkuat kompetensi inti (melalui penelitian dan pengembangan) untuk menciptakan dan menemukan pengetahuan baru yang berdampak luas.
2. Hasil dan kapasitas penelitian : Sumber Daya Alam
3. Potensi kekayaan alam dan budaya Indonesia : mengukur kemampuan organisasi dalam meningkatkan nilai invensi (penciptaan) dan penemuan yang diintegrasikan dengan faktor-faktor yang mendukung terjadinya inovasi bernilai ekonomi.
4. Kreativitas dalam menciptakan iptek yang bernilai ekonomis : sda
5. Jaringan antara LIPI dengan industri dan pihak terkait lainnya dalam meningkatkan adopsi inovasi : sda.
6. Timbangan ilmiah dan rekomendasi untuk menjawab isu nasional : mengukur dukungan organisasi dalam mendorong terciptanya kebijakan strategis dalam upaya penegakan good governance.
7. Hasil kajian kebijakan LIPI dipakai sebagai rujukan : sda.
8. dll.

Tampilan Website www.lipi.go.id

Kekurangan Website :
Tampilan website kurang menarik.
Tampilan awal pada menu home, terlalu penuh dengan pilihan menu-menu yang ditampilkan.
Situs ini kurang user friendly,karena saat pengunjung mengujungi website ini pengunjung kurang memahami cara menggunakan dan mendapatkan informasi yang tersedia di dalam website ini.
Kurangnya gambar yang menggambarkan tentang website ini.
Pada website font tulisan sangan kecil, sehingga agak kurang nyaman dipandang mata.

Kelebihan Website :
Website ini menyediakan layanan informasi yang sangat lengkap mengenai ilmu pengetahuan.
Website ini juga menyediakan tampilan dengan bahasa Inggris , tidak hanya bahasa Indonesia.
Pencarian arsip sangat lengkap, tersedia dari tahun 1967 sampai sekarang.
Website mencakup blog, video, siaran pers, alumni, dan masih banyak lagi.
Berisi banyak pengumuman mengenai LIPI.
Ada juga informasi tetang lowongan CPNS.


Daftar Pustaka

http://lipi.go.id/
http://id.wikipedia.org/wiki/Lembaga_Ilmu_Pengetahuan_Indonesia
http://www.organisasi.org/1970/01/arti-singkatan-lipi-kepanjangan-dari-lipi-kamus-akronim-bahasa-indonesia.html

(Di kutip dari Teknologi Informasi dan Perguruan Tinggi : Menjawab Tantangan Pendidikan Abad ke-21, Richardus Eko Indrajit)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar