Minggu, 16 November 2014

Mengukur Traffic Website dengan Alexa Tools

Pengukuran Situs LIPI.go.id dengan Menggunakan Alexa Tools

          Alexa Rank adalah sebuah peringkat yang diberikan kepada sebuah blog atau website berdasarkan banyaknya traffic atau pengunjung, penghitungan ini dilakukan oleh Alexa.com. Peringkat ini dihitung dari terbesar sampai yang terkecil, jadi semakin kecil alexa rank maka semakin bagus kualitas blog tersebut.
berikut adalah hasil analisis traffic yang saya dapatkan dengan menggunakan www.alexa.com. Gambar-gambar dibawah adalah screenshoot dari situs www.alexa.com yang saya gunakan untuk menganalisis traffic pada website www.LIPI.go.id.

          Gambar diatas merupakan grafik dari Alexa Taffic Ranks yang merupakan grafik seberapa populer website tersebut. www.lipi.go.id ini berada di peringkat 81.006 pada global atau seluruh dunia, turun 40,906 peringkat dari sebelumnya. Di indonesia website ini merupakan website peringkat ke 1,359.


Bounce Rate, menampilkan Persentase kunjungan ke situs yang terdiri dari satu tampilan halaman. Yakni 43.40%
Daily Pengunjung Per Visitor, Akan menampilkan persentase Perkiraan tampilan halaman unik setiap hari per pengunjung di situs.
Daily Time On Site, Perkiraan waktu setiap hari di situs (mm: ss) per pengunjung ke situs tersebut.



          Gambar diatas merupakan Alexa Visitors yang merupakan grafik dimana lokasi dimana saja keberadaan visitor website www.LIPI.go.id yang berarti jumlah pengunjung website ini di indonesia mencapai 94,6% sementara sisanya ada di US.

          Gambar diatas adalah grafik dari Alexa Visitors Come From yang merupakan traffic untuk mengetahui pengunjung website berasal darimana.

          Gambar diatas merupakan Alexa Who Visit, yang merupakan grafik pengukuran siapa yang mengunjungi website tersebut.
           Alexa rank bisa mencatat siapa saja yang mengunjungi situs lipi.go.id. Disini akan ditampilkan pengunjung dari website tersebut, Dilihat dari 3 Sisi yaitu :
Gender, Melihat dari jenis kelamin yang mengunjung sebuah situs, terdiri dari laki – laki dan perempuan.
Education, Melihat dari segi tingkatan pendidikan yang mengunjungi situs ini ( lipi.go.id).
Browsing Location, Menampilkan lokasi tempat mengakses situs ini, lokasi tersebut sendiri berada pada Rumah, Sekolah, dan tempat pekerjaan.


          Gambar diatas merupakan grafik dari Alexa Do Visitors yang menampilkan persentase apa yang di kunjungi pada website www.LIPI.go.id

Kekurangan Alexa:
1. Jika pengguna internet (pengakses situs anda tidak menginstal Alexa Toolbar di browsernya) maka sekalipun ada 1000 pengunjung situs anda dalam sehari, Alexa akan tetap menilai situs anda tidak ada pengunjungnya.
2. Jika dalam sehari ada yang mengakses situs anda 20 kali dengan alamat IP(Internet protocol) yang sama, maka akan dianggap situs anda hanya dikunjungi oleh 1 satu orang hanya dapat poin 1, akan berbeda jika situs anda dikunjungi oleh 20 orang dengan alamat IP berbeda (unik) maka situs anda akan memperoleh nilai 20 (nilai ini   hanya pengandaian, Alexa mempunyai formula sendiri dalam menentukan nilai sebuah web) .

Kelebihan Alexa :
1. Alexa rank akan menampilkan tingkat popularitas dari sebuah situs web yang dibandingkan dengan web milik kita,termasuk jangkauan,tampilan halaman,dan masih banyak lagi.
2. Pencarian analisa akan menampilkan kepada kita yang merupakan syarat untuk kita untuk berkompetisi untuk mendapatkan sebuah traffic.
3. Data pengunjung akan menampilkan kepada kita apa yang menarik dari website kita yang dilihat oleh pengunjun – pengunjung website kita.
4. Data clickstream akan menampilkan kepada kita sebagai pemilik website dimana dalam mendapatkan traffic dari program keanggotaan dan kemitraan.

Daftar Pustaka
http://kang-mousir.blogspot.com/2014/05/mengenal-dan-memahami-apa-itu-alexa-rank.html
http://ichsanoctama.wordpress.com/2014/06/15/analisis-web/
http://diwaardiyanto11.blogspot.com/2014/10/menganalisa-website-menggunakan-alexa.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar